Salah satu siswa yang sedang mengikuti lomba atletik di Stadion Brantas, Kamis (22/2/2018). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Salah satu siswa yang sedang mengikuti lomba atletik di Stadion Brantas, Kamis (22/2/2018). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Pekan Olahraga Kota (Porkot) Batu tetap digelar pada tahun 2020 ini. Hal tersebut berdasarkan pada asumsi puncak pandemi corona (covid-19) yang akan terjadi pada bulan Juni mendatang.

Dengan asumsi itu pula, rencananya Porkot Kota Batu bakal digelar selambat-lambatnya antara bulan November atau Desember 2020 mendatang. Semula, Porkot Batu akan direncanakan bulan September 2020.

“Kami berasumsi jika pandemi ini sudah bisa dikendalikan pada Juni tahun 2020. Jadi setidaknya bulan Agustus mulai mempersiapkan pada tingkat Koordinator Kecamatan (Korcam),” ucap Ketua Umum KONI Kota Batu, Mahfud.

Ia menambahkan, penundaan itu tidak selama even Pekan Olahraga Nasional (PON) yakni selama satu tahun. Sebab persiapan Porkot Batu seperti tempat sudah siap digunakan. Sehingga bisa dilaksanakan pada akhir tahun 2020 ini.

“Kalau PON kenapa ditunda sampai satu tahun karena ada empat alasan, mulai tempat dan pengadaan alatnya,” ujarnya.

Sebagai informasi, persiapan Porkot Batu terus berjalan di tengah pandemi covid-19. Misalnya, terkait buku panduan pelaksanaan yang sudah selesai disusun. Tinggal sosialisasi dan koordinasi dengan Korcam untuk persiapan seleksi atlet.

Mahfud melanjutkan, pelaksanaan Porkot Batu ini penting digelar untuk menjaga kemampuan para atlet. Sekaligus menggugah semangat para pelatih dan atletnya akibat pandemi covid-19.

"Ini menjadi penting bagi atlet dan pelatih di tengah pandemi covid-19. Porkot Batu ini juga dalam upaya mempersiapkan atlet dalam laga Porprov Jatim 2021," ungkapnya.

Pada Porkot Batu tahun 2020 mendatang, ada 29 cabang olahraga (cabor) yang akan diperlombakan.  Banyaknya cabor itu sebagai bagian dalam menyiapkan para atlet unggulan di Porprov Jatim di Jember tahun 2021.