Bunda Ratu Menandatangani Pengajuan Gugatan di Bawah Banyuwangi Nurhadi Banyuwangi Jatim TIMESugatan
Bunda Ratu Menandatangani Pengajuan Gugatan di Bawah Banyuwangi Nurhadi Banyuwangi Jatim TIMESugatan

Pasangan Calon (Paslon) perseorangan Bunda Ratu Satu-Sunariyanto mengajukan
permohonan penyelesaian sengketa pemilihan Bupati dan Wakil Bupati terkait keputusan penolakan berkas dukungan minimal pencalonan oleh KPU Banyuwangi di Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banyuwangi Kamis (27/2).

Menurut Bunda Ratu, pihaknya merasa sangat dirugikan dengan sistem penghitungan yang dilakukan oleh KPU Banyuwangi.

"Semestinya standar penghitungan dokumen calon bupati wakil bupati itu tidak jauh berbeda dengan sistem penghitungan Pileg Pilpres ataupun pilihan kepala desa yang menggunakan open scoring board!," jelasnya.

Dia menambahkan dengan sistem penghitungan tertutup, tim dan relawan  tidak bisa mendeteksi apa pun dari suara yang masuk kedalam Sistem Informasi Calon (Silon). 

Karena berdasarkan data tim Bunda Ratu-Sunariyanto jumlah dukungan sekitar 89.540 yang selanjutnya dihitung oleh tim KPU total yang sah sekitar 63.000 dukungan.

"Karena sistem yang diterapkan di KPU ini kami merasa sangat dirugikan dan kami tidak terima makanya  mengajukan gugatan,"tegasnya.

Joyo Adi Kusumo Bidang Penanganan Pelanggaran Bawaslu Banyuwangi mengungkapkan Paslon Bunda Ratu-Sunariyanto mengajukan permohonan sengketa proses ke Bawaslu yan hari ini adalah hari terakhir pengajuan permohonan.

"Tadi kami sudah menerima dan ada beberapa kekurangan yang harus dilengkapi. Katanya beliau hari ini mau melengkapi walaupun apabila hari ini tidak lengkap ada waktu tiga hari untuk melengkapi,"jelasnya.

Adapun persyaratan yang kurang lengkap antara lain; Berita Acara KPU, beberapa alat bukti yang belum di leges di kantor pos dan juga tada nama nama saksi yang diajukan.

Selanjutnya nanti akan diproses dalam musyawarah sidang. 

Bawaslu nanti akan menggali data dan fakta yang terjadi sesungguhnya dengan menghadirkan saksi -saksi yang berkompeten dengan permasalahan yang digugat oleh paslon jalur perseorangan tersebut.