Suasana saat pembekalan oleh Dandim 0833 Kota Malang mengenai  kesadaran akan bela negara. (Unikama for MalangTIMES)

Suasana saat pembekalan oleh Dandim 0833 Kota Malang mengenai kesadaran akan bela negara. (Unikama for MalangTIMES)



Program Pengenalan Pendidikan Tinggi (P3T) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) tak hanya sekadar diberi pembekalan pengetahuan mengenai bahaya narkoba. Para mahasiswa baru Unikama juga dibekali pembinaan kesadaran akan bela negara. 

Hal itu dilakukan agar para mahasiswa bisa menjadi mahasiswa yang bertanggung jawab serta terhindar dari hal-hal yang menyimpang. Pembinaan itu juga bisa menjadi bekal mahasiswa dalam menjalani perkuliahan nantinya.

Dalam pembinaan bela negara tersebut, hadir sebagai pemateri, Komandan Kodim 0833 Kota Malang Letkol Inf Tommy Anderson. Tommy meminta para mahasiswa memliki kedisiplinan maupun kejujuran.

Sebagai seorang mahasiswa, selain kedisiplinan maupun kejujuran, jiwa pantang menyerah maupun mental yang kuat juga harus ditanamkan dalam diri. "Harus berjuang mengembangkan potensi maupun kemampuan yang dimiliki dalam hal positif," tandasnya.

Dandim  juga menyampaikan isu-isu yang saat ini terjadi memang bisa merusak karakter para generasi muda bangsa. Jadi, mahasiswa harus membuka wawasan dan pikiran sehingga mereka tahu dan menghindari  jika ada hal-hal menyimpang serta merusak persatuan.

"Semua wajib menjadikan Indonesia menjadi negara yang satu, negara yang solid, dan tidak terpecah oleh isu-isu yang belum tentu kebenarannya. Kita semua sepakat bahwa Pancasila adalah pemersatu bangsa. Tunjukkan bahwa Anda-Anda ini generasi  Indonesia yang bisa menyerap informasi dengan baik dan tidak menomersatukan emosi untuk menyelesaikan permasalahan,”  ujar dandim 0833.

Selain itu, sebagai penerus bangsa nantinya, para mahasiswa juga harus mengamalkan nilai-nilai luhur yang dimiliki bangsa Indonesia. Misalnya toleransi antar-sesama, gotong royong, tenggang rasa, sopan santun, maupun musyawarah.

Meskipun saat ini nilai-nilai tersebut sedikit luntur,  sebagai penerus bangsa, para mahasiswa harus bisa menjadi agen perubahan dengan memiliki karakter yang kuat demi kemajuan diri maupun bangsa.

“Memperbaiki diri sendiri sangatlah mudah untuk dilakukan. Mulailah dari diri sendiri. Jadilah agen perubahan. Tanpa disadari, hal ini akan menjadi kebiasaan Anda. Carilah teman yang memang bisa membawa Anda menjadi seseorang yang lebih baik dan berpengaruh positif terhadap diri Anda,” ungkap Tommy.

Dandim juga berpesan agar para mahasiswa Unikamamembentengi diri dan menghindari jerat narkoba. Sebab, hal itu akan menjadikan mahasiswa menjadi seorang zombie yang akan mudah dirusak otaknya sehingga mudah terpengaruh  hal-hal menyimpang.
 


End of content

No more pages to load